Profil David Silva

PEMAIN serbabisa. Kalimat ini rasanya tepat untuk menggambarkan sosok David Josue Jimenez Silva atau yang lebih akrab dipanggil David Silva. Meski selama ini lebih sering bermain di sayap kiri, tapi pemain kelahiran Arguneguin ini mampu bermain juga di kanan atau di tengah dengan baik.

Karier sepak bola profesionalnya dimulai di klub Valencia. Pada musim pertamanya itulah Silva mengalami kesulitan untuk menjadi pemain utama skuad Los Che. Ia pun kemudian dipinjamkan ke klub Eibar yang bermain di Divisi Segunda. Peminjaman ini bukan karena Silva tidak diinginkan di Valencia, tapi untuk meningkatkan dan menambah kemampuan bermain sepak bolanya.

Selama menjadi pemain pinjaman diEibar, Silva tampil sangat mengesankan. Di musim pertamanya itu ia bahkan langsung tampil sebanyak 35 pertandingan dan mencetak 5 gol. Musim berikutnya, Silva kembali dipinjamkan ke klub Celta Vigo. Di sini ia tampil sebanyak 31 pertandingan dan mencetak 4 gol.

Dua musim menjadi pemain pinjaman akhirnya membuat Valencia sadar bahwa Silva adalah pemain yang berprospek cerah. Karena itulah setelah setahun bermain di Celta Vigo, ia dipanggil kembali ke Mestalla. Silva bahkan langsung menjadi pemain pilihan utama dalam skuad Los Ches. Tak ingin lepas lagi, tanggal 21 Juni 2007 lalu, Valencia akhirnya mengontrak Silva selama tujuh tahun.

Meski usianya masih muda, tapi ia mempunyai kemampuan memimpin rekan-rekan satu timnya yang bermain di lini tengah. Silva juga ahli dalam mengontrol jalannya permainan. Begitu berbakatnya, ia pun selalu menjadi pilihan utama dirinya bermain di sisi kiri Valencia. Walau begitu, ia juga mampu bermain di posisi kanan jika dibutuhkan.

Silva juga menjadi penyelamat bagi Valencia ketika klubnya ini tampil mengecewakan selama musim 2007-08. Di musim itu ia sukses membawa Los Ches menjuarai Piala Raja.

Kemampuan larinya yang cepat membuat Silva tangguh sebagai pengumpan yang brilian dengan visi yang luar biasa dan tangkas dalam mencetak gol. Di usianya yang masih muda kini, rasanya akan lebih banyak lagi melihat prestasi-prestasi yang ditorehkannya.

Tidak ada komentar untuk "Profil David Silva"