Nominasi Balon d'Or

Ballon d'Or merupakan penghargaan kepada pemain yang merumput di sepakbola Eropa dan dinilai memberi kontribusi penting untuk klub dan negaranya.
Adalah majalah France Football yang menggagas acara ini, di mana tahun ini merupakan edisi ke-53. Sedikit perbedaan dari edisi sebelumnya, jumlah nominasi dikurangi nyaris setengahnya, dari 50 menjadi 30 kandidat.

Dikutip dari situs resmi France Football, Minggu (19/10), tidak terdapat nama-nama tenar yang sempat meraih penghargaan serupa di edisi sebelumnya seperti Ronaldinho, Andriy Shevchenko dan Fabio Cannavaro.
Ada tujuh pemain Spanyol yang masuk dalam daftar ini, di antaranya Fernando Torres, David Villa, Iker Casillas dan Cesc Fabregas. Sementara Ricardo Kaka menjadi satu-satunya pemain Brasil yang masuk dalam daftar tersebut.

Menurut rencana, penobatan pemain peraih Ballon d'Or ini akan digelar di Paris pada 2 Desember mendatang. Mekanisme penentuan pemain yang meraih penghargaan ini melalui poling yang disebarkan kepada 96 jurnalis di seluruh dunia, yang diorganisir oleh majalah France Football.

Inilah daftar lengkap nominasi Ballon d'Or 2008:
Kiper: Iker Casillas, Edwin Van der Sar, Gianluigi Buffon,

Pemain Belakang: Nemanja Vidic, Sergio Ramos, Pepe, Yuri Zhirkov

Pemain Tengah: Rafael Van der Vaart, Kaka, Xavi Hernandez, Frank Lampard, Steven Gerrard, Cesc Fabregas, Marcos Senna, Michael Ballack, Franck Ribery, Andrei Arshavin,

Pemain Depan: Emmanuel Adebayor, Lionel Messi, Zlatan Ibrahimovich, Didier Drogba, Sergio Aguero, Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo, Ruud van Nistelrooy, Samuel Eto'o, Karim Benzema, Luca Toni, Fernando Torres, David Villa