Sepuluh Hal Menarik Tentang Raul

Fabio Capello, mantan pelatih Real Madrid, sempat menyebut Raul sebagai juara. "Dia adalah warisan dari Real Madrid," paparnya pada November 1999.
Tentu bukan tanpa alasan bila Capello berpendapat demikian. Apa yang ditorehkan Raul, baik sebagai individu atau sebagai bagian dari tim , bisa menjadi bukti tersendiri.
Di antara berbagai macam prestasi yang ditorehkannya, ada sepuluh catatan yang membuatnya pantas disebut sebagai pribadi yang spesial.

10. Real Madrid adalah satu-satunya tim yang dibelanya. Ia bergabung di tim senior pada 1994 hingga sekarang dan telah dipercaya menjadi kapten.

9. Raul memulai karirnya di timnas senior Real Madrid saat berumur 17 tahun empat bulan. Adalah Jorge Valdano yang mempromosikannya dan sejak itu tak tergeser dari skuad utama El Real.

8. Raul menempati urutan ke-12 untuk pencetak gol terbanyak di sejarah sepak bola Spanyol dengan 210 gol dari 492 penampilan dan catatan tersebut akan terus bertambah. Semua gol tersebut adalah untuk Real Madrid, dan itu membuat ia menempati urutan ketiga sebagai pencetak gol terbanyak di Real Madrid sepanjang waktu.

7. Nomor tujuh di Real Madrid sudah menjadi miliknya. Sejauh ini belum ada pemain yang bisa menggusurnya dari nomor tersebut, termasuk Luis Figo dan David Beckham.

6. Raul memiliki gaya bermain yang fleksibel. Meski lebih senang diposisikan sebagai striker murni, ia juga tidak menolak saat diposisikan sebagai penyerang lubang bahkan sebagai gelandang serang. Penampilannya bahkan tidak mengecewakan dan layak mendapat pujian.

5. Pada 28 September 2005, ia menjadi pemain pertama yang mencetak 50 gol di turnamen Liga Champions pada penampilannya yang ke-97, melewati torehan legenda Real Madrid Alfrado Di Stefano. Saat itu ia mencetak gol ke gawang Olimpiakos, tim asal Yunani.

4. Raul Juga mengukir prestasi di timnas Spanyol. Selain menjadi pencetak gol terbanyak untuk Spanyol dengan 44 gol dari 102 caps, di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2006 pada tanggal 12 Oktober 2005 saat Spanyol menghadapi San Marino, ia melebihi rekor Fernando Hierro sebagai kapten Spanyol yang paling banyak tampil dalam sejarah Spanyol.

3. Pada tanggal 19 juni, dengan gol saat melawan Tunisia, Raul menjadi pemain no 18 yang mencetak gol di 3 Piala dunia. Sebelumnya ia telah mencetak gol di Piala dunia 1998, Piala Dunia 2002 dan Piala Dunia 2006.

2. Selebrasi gol Raul tak pernah berubah, yaitu dengan cara mencium cincin kawing yang melingkar di jari manisnya untuk menghormati istrinya, Mamen Sanz. Mereka memiliki 4 anak laki-laki. Jorge (lahir 25 Februari 2000), Hugo (lahir 20 November 2002) dan si kembar Hector dan Mateo (lahir 17 November 2005).

1. Selama 14 tahun lebih berkiprah di dunia sepakbola profesional, 16 gelar dipersembahkannya untuk Real Madrid, baik di event domestik maupun Internasional. 15 titel atas namanya sendiri juga ditorehkannya karena penampilan impresifnya bersama Real Madrid dan timnas Spanyol.

Selain Fabio Capello, tak sedikit individu yang mengapresiasi kemampuan Raul, termasuk dari legenda sepakbola Jerman Franz Beckenbauer dan manajer Manchester United sir Alex Ferguson. Ini adalah salah satu kutipannya.

Franz Beckenbauer (legenda Jerman): "Raul adalah salah satu yang terbaik di Eropa. Ia adalah jiwa Real Madrid. Dia seperti [Lothar] Matthaus bagi kita." (09/05/2000)

Sir Alex Ferguson (manager MU): "Real membeli banyak pemain besar seperti Figo, Zinedine Zidane, dan Ronaldo. Tapi menurut saya pemain terbaik di dunia adalah Raul." (08/04/2003)

Ottmar Hitzfeld (mantan manager Bayern Muenchen): "Saya akan membeli Raul pada menit ini jika itu memungkinkan. Dia adalah seseorang yang dapat mengubah jalannya pertandingan dan saya suka semua tentang dia. Ia memiliki karier yang hebat dibelakangnya. Menurut saya, sekarang adalah waktu terbaik untuk membeli dia. Ia memiliki kedewasaan yang sama banyak dengan pengalamannya."