Foreigner Terloyal di Premier League


Liga yang kian didominasi pemain asing. Itulah label yang melekat pada Premier League. Pasalnya, line-up klub-klub lebih dikuasai para pemain asing. Contoh teraktual tentulah Arsenal yang kian jarang menempatkan putra asli Inggris di tim utama. Secara khusus, publik Inggris mulai sinis terhadap para foreigner alias pemain non-Britania Raya.Menyangkut keberadaan para foreigner, ada satu catatan menarik. Itu adalah fakta bahwa hanya sedikit dari mereka yang bertahan lama di sebuah klub dan membela klub itu dalam banyak laga.

Mark Schwarzer
Kiper asal Australia ini tercatat sebagai pemegang rekor terbanyak tampil di Premier League bersama satu klub. Dia tercatat melakoni 332 laga bersama Middlesbrough sejak bergabung pada 1997-98. Dia melampaui rekor lama atas nama Dennis Bergkamp yang membela Arsenal dalam 315 laga di Premier League dalam kurun waktu 1995 hingga 2006. Sayang, catatan Schwarzer dipastikan terhenti di angka 332 karena dia sudah resmi hengkang ke Fulham pada awal musim ini.

Sami Hyypia
Dari semua pemain asing yang masih aktif dan bertahan di sebuah klub, defender asal Finlandia ini tercatat sebagai pemain yang berada paling dekat dengan Schwarzer. Hingga akhir musim 2007-08, dia telah melakoni 302 laga di Premier League bersama Liverpool. Dia hanya butuh 30 laga lagi untuk menyamai Schwarzer. Namun, peluangnya terbilang kecil karena kian jarang diturunkan oleh manajer Rafael Benitez.

Dominasi Kiper
Dalam daftar sepuluh besar pemain dengan penampilan terbanyak bersama sebuah klub di Premier League, ternyata kiper adalah yang paling dominan. Hingga akhir musim 2007-08, ada empat kiper yang bercokol di sana. Mereka adalah Mark Schwarzer (332 partai), Brad Friedel (261), Peter Schmeichel (252), dan Jussi Jaaskelainen (250). Dari keempat nama itu, tinggal Jaaskelainen yang masih bertahan di klubnya, Bolton Wanderers.

Trio Arsenal
Jika dari segi posisi, pendominasi adalah kiper, dari segi klub, Arsenal-lah yang paling berjaya. Pasalnya, The Gunners menempatkan tiga pemainnya di urutan 10-besar. Ketiganya adalah Dennis Bergkamp (315 partai), Patrick Vieira (279), dan Thierry Henry (254). Di belakang Arsenal adalah Manchester United. Selain Schmeichel, Red Devils menempatkan Mikael Silvestre yang hingga akhir musim lalu telah 249 kali tampil.

Tidak ada komentar untuk "Foreigner Terloyal di Premier League"