Gol Bunuh Diri Tercepat di Liga Champions

TOMAS HUBOCAN memang bukan siapa-siapa. Di kancah Eropa, namanya tidak setenar Andrei Arshavin, Konstantin Zyryanov, dan Pavel Pogrebnyak, tiga rekannya di Zenit St. Petersburg. Namun, Selasa (30/09), Hubocan mengalahkan popularitas mereka. Sayangnya, hal itu karena catatan buruknya. Saat Zenit menghadapi Real Madrid di Matchday 2, dia menjaringkan gol bunuh diri pada menit keempat. Zenit pun akhirnya kalah 1-2.

Untung bagi Hubocan, dia ternyata bukanlah pencetak gol bunuh diri tercepat di Liga Champions. Dia hanya berada di peringkat kedua dalam daftar pengoleksi gol bunuh diri di kompetisi antarklub Eropa paling elite se-Eropa tersebut.


Scott Minto
Orang yang saat ini masih memegang rekor sebagai pencetak gol bunuh diri tercepat di kancah Liga Champions adalah Scott Minto. Bek kiri asal Inggris itu mengukir catatan memalukan tersebut saat membela Benfica mengahadapi HJK Helsinki, 4 November 1998. Kala itu, dia menjaringkan gol ke gawang klubnya sendiri pada menit ketiga!

Tiga Portugal
Hal yang unik dari para pencetak gol bunuh diri tercepat di Liga Champions, di peringkat 10-besar terdapat tiga pemain asal Portugal. Mereka adalah Fernando Meira (VfB Stuttgart), Jorge Andrade (Deportivo La Coruna), dan Manuel Dimas (Sporting Lisbon). Ketiganya sama-sama berposisi defender.

Meira melakukanya pada menit ke-12 laga Stuttgart vs Chelsea (25 Februari 2004) yang berakhir dengan skor 0-1. Sedangkan Andrade pada menit ke-14 laga La Coruna vs Liverpool (3 November 2004). Sama dengan Meira, gol bunuh diri itu menjadikan klubnya kalah 0-1. Sementara Manuel Dimas mencetak gol bunuh dirinya saat laga Sporting vs Spartak Moskva (17 Oktober 2000) memasuki menit ke-16.

Trio Sepuluh
Trio Max Houttuin, Vladislav Vaschchuk, dan Gary Caldwell juga punya catatan spesial. Mereka tercatat sama-sama mencetak gol bunuh diri pada menit ke-10. Houttuin saat klubnya, sc Heerenveen melawat ke kandang Olympique Lyon pada 12 September 2000, Vaschchuk ketika membela Dynamo Kyiv menyambangi Anderlecht pada 18 Oktober 2000, sedang Caldwell kala membela Celtic bertandang ke kandang Benfica pada 2 November 2006.

Anomali Deivid
Dari sepuluh pencetak gol bunuh diri tercepat, dapat diterka, mayoritas adalah defender. Tercatat ada delapan bek di sana. Nah, di antara para bek itu terselip satu nama striker, yakni Deivid. Pemain berdarah Brasil ini mencetak gol bunuh diri pada menit ke-13 saat klubnya, Fenerbahce, menjamu Chelsea pada 2 April 2008. Uniknya, gol bunuh diri itu tak lantas membuat klubnya kalah. Mereka justru menang 2-1.

Tidak ada komentar untuk "Gol Bunuh Diri Tercepat di Liga Champions"