Nilai Sponsor Kostum Klub


SALAH satu sumber pemasukan terbesar klub adalah dari sponsor kostum tim. Dana yang didapat dari sana cukup menggiurkan. Siapa saja klub yang beruntung mendapatkan sponsor kostum dengan nilai yang cukup besar?

20 JUTA POUNDS DI SKOTLANDIA
Ini adalah nilai total kontrak selama empat tahun dengan perusahaan bir Coors dengan dua tim raksasa Skotlandia yakni Glasgow Rangers dan Glasgow Celtic. Kontrak ini akan membuat logo Carling terpampang dalam kostum kedua tim tersebut.

MU TERBESAR DI INGGRIS
Kontrak yang dibuat Manchester United dengan perusahaan asuransi AIG. MU mendapatkan 14,1 juta pounds per musim akibat kontraknya dengan AIG. Nilai ini merupakan sponsor kaos ini merupakan yang terbesar diantara klub Premier League lainnya.

Berikut nilai kontrak sponsor kostum terbesar di beberapa negara:
Jerman (13,5 juta poundsterling)
Nilai kontrak per tahun antara Bayern Muenchen dengan perusahaan telepon T-Mobile.

Spanyol (12 juta poundsterling)
Itulah jumlah uang yang didapat Real Madrid dari sponsor kostum mereka Bet And Win, sebuah bandar judi online. Ini jumlah terbesar dari seluruh klub Divisi Primera

Rusia (12 juta poundsterling)
Nilai kontrak per tahun antara CSKA Moscow dengan perusahaan minyak Sibneft, sebelum perusahaan ini akhirnya dijual oleh milyader Rusia, Roman Abramovich.

Belanda (8-9,5 juta poundsterling)
Nilai kontrak per tahun antara Ajax Amsterdam dengan perusahaan asuransi dan pensiun Belanda, AEGON menjadi yang terbesar di negerinya. Dilaporkan Ajax mendapat bayaran antara 8 hingga 9,5 juta pounds per tahun.

Italia (6,7 juta poundsterling)
Sama seperti El Real, Bwin juga menjadi sponsor bagi AC Milan. Kontrak antara berlangsung selama empat tahun dan akan berakhir tahun 2010. Milan mendapatkan bayaran 6,7 juta pounds per musim.

Perancis (6,3 juta poundsterling)
Olympique Lyonnais menjadi klub dengan nilai sponsor kostum terbesar setelah mengikat kontrak dengan jaringan bisnis hotel Accor. Mereka mendapat 6,3 juta pounds dari hal tersebut.

Brasil (4,9 juta poundsterling)
Nilai kontrak per tahun antara Sao Paulo dengan perusahaan elektronik Korea, LG. Terbesar dibandingkan klub Brasil lainnya.

Amerika Serikat (1,75 juta poundsterling)
LA Galaxy mengikat kontrak selama empat tahun dengan perusahaan Herbalife. Setiap tahun mereka mendapatkan bayaran 1,75 juta pounds dari kesepakatan tersebut