Pencetak Gol Tercepat di Ajang Resmi FIFA


MENCETAK gol cepat dalam sebuah pertandingan adalah hal yang luar biasa. Apalagi jika hal itu dilakukan di ajang resmi FIFA macam Piala Dunia. Berdasarkan catatan yang terhimpun hingga saat ini, ada delapan orang yang mampu menjebol gawang lawan dalam tempo kurang dari satu menit. Dari semua itu, salah satunya adalah pemain belia. Siapa saja mereka?

Hakan Sukur (Turki)
Partai: Turki vs Korea Selatan
Ajang: Piala Dunia 2002
Waktu: 11 detik
Striker legendaris Turki ini memecahkan rekor gol tercepat di Piala Dunia kala timnya menjalani laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2002. Dalam laga yang dimenangi Turki dengan skor 3-2 tersebut, Sukur hanya perlu 11 detik untuk menaklukkan kiper Lee Won Jae.

Celsinho (Brasil)
Partai: Brasil vs Turki
Ajang: Piala Dunia U-17 2005
Waktu: 14 detik
Nama lengkapnya Celso Luis Honorato Junior. Pemain kelahiran Sao Paulo, 20 Oktober 1988 ini mencetak gol supercepatnya kala Brasil menghadapi Turki di babak semifinal. Gol pembuka yang dicetaknya membawa Brasil menang 4-3. Sayang, Tim Samba takluk di final dari Meksiko.

Vaclav Masek (Cekoslowakia)
Partai: Meksiko vs Cekoslowakia
Ajang: Piala Dunia 1962
Waktu: 15 detik
Stadion Sausalito di Vina Del Mar (Meksiko) menjadi saksi bisu terukirnya nama Vaclav Masek sebagai pemain pertama yang mampu mencetak gol di bawah 20 detik, kala menjalani laga pamungkas di penyisihan grup menghadapi Meksiko. Sayang, timnya justru kalah 1-3. Uniknya, itulah satu-satunya gol Masek sepanjang Piala Dunia 1962.

Ernst Lehner (Jerman)
Partai: Jerman vs Austria
Ajang: Piala Dunia 1934
Waktu: 24 detik
Hanya tiga hari sebelum final Piala Dunia 1934 yang mempertemukan Italia dan Cekoslovakia, publik dibuat tercengang oleh Ernst Lehner. Dia menjebol gawang Austria pada detik ke-24 pada perebutan tempat ketiga di Napoli. Gol itu membawa Jerman menang 3-2 atas lawannya itu.

Bryan Robson (Inggris)
Partai: Inggris vs Perancis
Ajang: Piala Dunia 1982
Waktu: 27 detik
Bertempat di Stadion San Mames, Bilbao (Spanyol), gelandang Bryan Robson membuka laga di penyisihan Grup 4 lewat gol cepatnya ke gawang Perancis. Robson menjadi aktor utama kemenangan Inggris 3-1 pada laga itu karena gol kedua The Three Lions juga lahir dari kakinya.

Bernard Lacombe (Perancis)
Partai: Perancis vs Italia
Ajang: Piala Dunia 1978
Waktu: 37 detik
Dino Zoff memang kiper jempolan. Tapi, dia tak bisa berbuat banyak untuk menangkal gol Bernard Lacombe saat Italia bertemu Perancis di laga pembuka Grup 1. Untungnya, gol Lacombe itu dibalas tuntas oleh Paolo Rossi dan Renato Zaccarelli yang membawa Italia unggul 2-1. Perancis akhirnya gagal lolos ke babak berikutnya.

Adalbert Desu (Rumania)
Partai: Peru vs Rumania
Ajang: Piala Dunia 1930
Waktu: 50 detik
Pada laga pembuka penyisihan Grup 3 di Stadion Pocitos, Montevideo (Uruguay), Adalbert Desu menjadi orang pertama yang sanggup menjebol gawang lawan kala pertandingan belum berjalan satu menit. Dia hanya butuh 50 detik untuk menjebol gawang Peru yang dikawal Juan Valdivieso dan mengantar timnya menang 3-1.

Celso Ayala (Paraguay)
Partai: Nigeria vs Paraguay
Ajang: Piala Dunia 1998
Waktu: 52 detik
Bek tangguh ini sangat spesial. Dialah satu-satunya defender yang berada di daftar pencetak gol tercepat. Berkat aksinya menjebol gawang Peter Rufai, dia mengantar Paraguay menang 3-1 atas Nigeria dan memastikan tiket ke babak berikutnya. Sayang, langkah mereka terhenti karena kalah dari Perancis lewat perpanjangan waktu.

Tidak ada komentar untuk "Pencetak Gol Tercepat di Ajang Resmi FIFA"