Bek Tengah Brasil di Bundesliga 1

SEJAK dulu, Jerman dikenal sebagai pemasok bek-bek tengah nan tangguh. Namun, kini keadaan justru terbalik. Pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, sangat sulit menemukan figur kokoh di jantung pertahanan. Satu penyebab utama adalah terlalu bertumpunya klub-klub Bundesliga 1 kepada para bek tengah asing.Secara khusus, pada musim ini, bek tengah asal Brasil sangat mendominasi. Tercatat ada 11 bek tengah Brasil di 10 klub anggota Bundesliga 1. Siapa saja mereka?

Empat Debutan Baru
Musim ini, ada empat bek tengah asal Brasil yang melakukan debutnya di Bundesliga 1. Mereka adalah Alex Silva (Hamburg), Felipe Santana (Dortmund), Henrique (Leverkusen), dan Pedro Geromel (Koeln). Sekadar info, ini adalah invasi terbesar bek Brasil di Bundesliga 1.


Terlama
Di antara 11 bek tengah asal Brasil yang berkecimpung di Bundesliga 1, Lucio dan Marcelo Jose Bordon adalah yang terlama. Keduanya sama-sama mencicipi aroma Bundesliga 1 pada Januari 2001. Bordon menyeberang dari Sao Paulo ke VfB Stuttgart sementara Lucio datang dari Internacional ke Bayer Leverkusen. Secara otomatis, keduanya juga adalah pemain paling berpengalaman. Hingga saat ini, Lucio dan Bordon sudah tampil di lebih dari 200 laga Bundesliga 1.

Tak Langsung
Dari 11 pemain belakang asal Brasil yang berkiprah saat ini, hampir semuanya menyeberang langsung dari Brasil. Dua pengecualian adalah Vragel da Silva (Cottbus) dan Pedro Geromel (Koeln). Vragel terlebih dahulu mencicipi atmosfer Bundesliga 2 bersama SSV Ulm pada musim 2000-01. Baru pada 2001-02 dia bergabung dengan Cottbus dan berlaga di Bundesliga 1. Sementara Geromel didatangkan dari klub Portugal, Vitoria Guimaraes.

Pinjaman
Berbeda dengan para kompatriotnya yang langsung dibeli secara permanen, Vinicius Bergantin justru melalui proses peminjaman terlebih dahulu. Dia dipinjamkan klubnya, Gama, ke Hannover selama setengah musim pada Januari 2003. Pada awal musim 2003-04, barulah dia dibeli secara permanen dengan transfer satu juta euro.

Status pinjaman juga digenggam Henrique. Bek muda yang membela Leverkusen ini sebenarnya baru dibeli raksasa Spanyol, Barcelona, dengan harga 8 juta euro. Namun, dia langsung dipinjamkan ke Leverkusen. Patut ditunggu apakah dia akan mengikuti jejak Vinicius yang kemudian dipermanenkan.

Da Silva
Satu fakta unik dari keberadaan para bek tengah Brasil adalah soal nama. Tercatat ada empat pemain yang sama-sama memiliki unsur nama da Silva. Mereka adalah Alex Sandro da Silva, Vragel da Silva, Lucimar da Silva Ferreira (Lucio), dan Claudiano Bezzera da Silva (Kaka).

Tinggi Badan
Satu hal yang mencolok dari para bek tengah asal Brasil adalah postur tubuh yang menjulang tinggi. Jika dihitung, rataan tinggi ke-11 pemain yang ada adalah 188,7 cm! Bek terjangkung adalah Ronaldo Aparecido Rodrigues alias Naldo. Bek Werder Bremen itu memiliki tinggi badan 195 cm. Sementara yang terpendek adalah Henrique (185 cm).

Tidak ada komentar untuk "Bek Tengah Brasil di Bundesliga 1"