Chelsea Rugi £65,7 Juta


Chelsea, Jumat (13/2), mengumumkan merugi £65,7 juta pada tahun buku yang berakhir Juni 2008. Salah satu penyebab kerugian adalah keharusan manajemen Chelsea membayar kompensasi pemecatan Jose Mourinho dan Avram Grant.

"Kami mengeluarkan £23.1 juta untuk membayar kompensasi kepada keduanya," demikian laporan Chelsea yang dilansir situs resminya.

"Namun jika dibanding tahun fiskal sebelumnya, jumlah kerugian kami menurun. Tahun lalu Chelsea merugi £74.8 juta," lanjut laporan itu.

Angka kerugian ini belum termasuk kompensasi untuk Luiz Felipe Scolari, pelatih asal Brasil yang dipecat Senin (9/2) lalu dan diperkirakan mengantongi kompensasi £15 juta pounds. Scolari baru tujuh bulan menjalankan tugasnya.

Chelsea juga mengatakan setengah dari pinjaman tanpa bunga yang diterimanya telah dikonversi menjadi kepemilikan saham. Akibatnya, Roman Abramovich (foto) bukan lagi pemegang tunggal saham The Blues.

"Kami juga perlu tegaskan tidak ada lagi keraguan akan komitmen Abramovich untuk klub, dan kestabilan struktur pendanaan," ujar Bruce Buck, chaiman Chelsea, dalam pernyataannya.

Buck juga membantah semua keraguan akan ketidak-mampuan Chelsea membayar utang-utangnya. Ia mengatakan banyak orang salah menginteprestasikan posisi keuangan Chelsa. Menurutnya, Chelsea tidak memiliki utang eksternal.

Sejak Abramovich tiba di Stamford Bridge di tahun 2003, Chelsea memenangkan dua gelar Liga Primer, satu Piala FA, dan satu Piala Liga.

Penghasilan klub naik 11,9 persen, menjadi £213,1 juta pounds. Penghasilan terbesar diperoleh dari hak siar Liga Primer dan Liga Champions.

Namun jumlah gaji yang harus dibayar Chelsea juga meningkat dari £132.8 juta menjadi £148.5. Chelsea juga berencana mendapai restrukturisasi skuad pada akhir musim, dengan menjual beberapa pemain bintangnya.



Tidak ada komentar untuk "Chelsea Rugi £65,7 Juta"