Invasi Pemain Afrika Di Dunia


BENUA Afrika akhir-akhir tidak dapat dipandang sebelah mata. Diam-diam mereka mulai gencar melahirkan pebola-pebola profesional yang menyebar ke seluruh dunia. Ke mana saja mereka bermain?

10 AMERIKA SERIKAT
Hanya sebanyak ini jumlah pemain asal Afrika di Amerika Serikat. Bisa dikatakan pemain Afrika yang merumput di sini merupakan pemain kelas dunua. Terbukti hanya satu pemain yakni Bouna Coundul (Colorado Rapids) yang membela timnas negaranya yaitu Senegal.

14 ITALIA
Jumlah pemain Afrika di Serie-A makin menurun. Musim 2007-08 hanya ada 14 orang yang berlaga di sana.

17 SPANYOL
Dari 17 pemain Afrika yang merumput di Spanyol, hanya tersebar di 12 klub saja, Satu yang terkenal ialah striker Barcelona, Samuel Eto’o.

34 JERMAN
Dari 34 pemain Benua Hitam yang ada di Jerman, pemain asal Kamerun paling banyak. Di sana ada enam pemain asal Kamerun. Posisi kedua ditempati Afrika Selatan yang menyertakan empat pemain.

84 BELGIA
Diam-diam di negeri ini ada 84 pemain asal Afrika. Mereka berasal dari 18 negara di Benua Hitam. Lokeren yang memilikinya terbanyak. Di sana ada sepuluh pemain Afrika.

118 PERANCIS
Di sinilah paling banyak terdapat pemain asal Afrika. Total ada 118 pemain. Itu pun dihitung pemain yang hanya membela timnas Negara-negara Afrika. Mereak tersebar di seluruh klub Ligue 1 Le Championnat. Metz yang terbanyak dengan 13 pemain Afrika. Tujuh di antaranya berasal dari Senegal.

12 IRAN
Sebanyak inilah pemain Afrika yang ada di Iran. Kemungkinan besar jumlah ini akan bertambah seiring makin banyaknya klub Iran yang tertarik merekrut pemain Afrika.

29 TURKI
Di Super Lig Turki, ada 29 pemain asal Afrika. Banyak dari mereka yang merupakan alumnus liga besar Eropa seperti Stephen Appiah yang pernah membela Juventus.

55 INGGRIS
Sebanyak 55 bintang-bintang asal Benua Hitam tersebar di sana. Dari 20 tim Premier League, semuanya memiliki pemain Afrika. Sejauh ini Portsmouth menjadi kolektor pemain Afrika terbanyak dengan tujuh pemain yang ada di dalam timnya.

*Data hingga musim 2007-08.



Tidak ada komentar untuk "Invasi Pemain Afrika Di Dunia"