Klub Paling Berharga Versi Forbes


AKHIR April lalu, Forbes mengeluarkan daftar klub paling berharga di dunia. Tim-tim Inggris ternyata mendominasi dengan memasukkan empat tim di lima besar. Disusul wakil dari Spanyol, Jerman, dan Italia.

1. Manchester United (Inggris)
Red Devils kini menjadi klub terkaya di dunia. Nilai mereka berada di atas tim-tim lainnya. Sukses ini berkat besarnya basis suporter di seluruh dunia. Hal ini sangat mendukung perkembangan komersial MU.

Sekarang Red Devils diperkirakan bernilai 1,8 miliar dolas AS. Nilai ini meningkat sebesar 24% di banding tahun berikutnya.

Penciuman Malcolm Glazer terbukti tepat. Ketika pertama kali membeli MU pada 2005, publik meragukan keputusannya. Saat itu dia berani menaksir MU sebesar 1,5 miliar dolar AS, padahal Forbes memperkirakan nilai MU cuma 1,25 miliar AS. Tapi intuisi Glazer akhirnya yang benar. Tidak lama kemudian nilai MU meningkat pesat menjadi 1,8 miliar dolar AS.

2. Real Madrid (Spanyol)
Selain sukses mencetak prestasi di lapangan hijau, Real Madrid juga selalu menangguk untung secara komersial. Kunci utama keberhasilan Madrid ialah kegemaran mendatangkan banyak pemain bintang ke dalam timnya. Hal inilah yang menjadi magnet bagi publik untuk selalu mengikuti perkembangannya.

Tahun ini, nilai Madrid diperkiarakan mencapai 1,28 miliar dolar AS. Sama seperti MU, nilai Madrid meningkat sebesar 24% di banding musim sebelumnya.

3. Arsenal (Inggris)
Arsenal melesat sebagai salah satu tim tersukses secara finansial berkat pembangunan stadion baru. The Gunners kini bernilai 1,2 miliar dolar AS. Di banding musim lalu, nilai The Gunners meningkat sebesar 31%. Itu tak lepas dari penghasilan tiket pertandingan di Stadion Emirates yang layak dijuluki tambang emas. Bayangkan, The Gunners rata-rata 6 juta dolar AS pertandingan.

4. Liverpool (Inggris)
Tahun lalu, Liverpool hanya ada di perkingkat ke-11. Namun kini The Reds melesat ke posisi empat besar. Sukses ini tidak lepas dari peningkatan nilai klub sebesar 131% di banding tahun sebelumnya. Kini Liverpool bernilai tidak kurang dari 1,05 miliar dolar AS.

5. Bayern Muenchen (Jerman)
Musim 2006-07 lalu Bayern Muenchen gagal total di segala ajang. Tapi aspek komersial, mereka tidak terlalu berdarah-darah. Meski hanya mengalami peningkatan nilai 9% persen di banding tahun sebelumnya, Bayern tetap berada posisi lima besar tim dengan nilai komersial tertinggi, meski turun ke peringkat lima dari tahun sebelumnya di posisi empat. Bayern kini bernilai 917 juta dolar AS.

6. AC Milan (Italia)
Nilai klub: 798 juta dolar AS

7. Barcelona (Spanyol)
Nilai klub: 784 juta dolar AS

8. Chelsea (Inggris)
Nilai klub: 764 juta dolar AS

9. Juventus (Italia)
Nilai klub: 510 juta dolar AS

10. Schalke (Jerman)
Nilai klub: 470 juta dolar AS


Tidak ada komentar untuk "Klub Paling Berharga Versi Forbes"