Profile BUFFON


Sejauh ini musim 2005-06 adalah musim paling baik bagi Villa di Divisi Primera. Maklum, dia mencetak 25 gol dalam semusim. Prestasi terbaiknya di Divisi Primera hingga saat ini.Gianluigi Buffon bisa dikatakan sebagai mimpi buruk bagi para striker lawan. Berposisi sebagai goalkeeper, Buffon dikenal sulit ditaklukkan. Jika tidak seperti itu, bagaimana mungkin dia mendominasi gelar kiper terbaik dunia versi IFFHS dalam beberapa tahun terakhir? Ya, kecuali tahun 2005, Buffon selalu meraihnya sejak 2003 hingga 2007.

Buffon kini membela Juventus. Dia ditransfer dari Parma dengan nilai sekitar 52 juta euro pada awal musim 2001-02. Harga ini merupakan rekor pembelian kiper termahal di dunia yang masih bertahan hingga sekarang.

Namun Juventus tidak sia-sia menggaetnya. Berkat Buffon, gawang mereka dijamin aman. Terbukti, Buffon terus tampil istimewa di Serie-A. Faktanya, sejak 2001 hingga 2006, dia selalu terpilih sebagai kiper terbaik di Italia.

Terlahir dari keluarga olahragawan di Carrara (Italia), Buffon memulai karier di Parma pada 1995-96. Meski hanya bermain sembilan kali dia musim pertamanya, Buffon langsung menjadi pemain utama di Parma musim berikutnya.

Sesudahnya Buffon semakin mapan. Dia bahkan SUDAH disebut-sebut sebagai salah satu kiper muda terbaik di Eropa. Ini tak lepas dari gelar kiper terbaik Italia yang disabetnya pada 1999 dan 2001.

Prestasi itulah yang membuat Juventus berani membayar mahal untuk mendapatkan tanda-tangannya. Dan, rasanya memang tidak sia-sia. Buffon mampu menjadi andalan di bawah mistar gawang. Beragam penyelamatannya memberi kontribusi besar dalam sukses Juventus merebut scudetto di musim 2001-01, 2002-03, dan Piala Super Italia 2002 dan 2003.

Buffon kini menjadi idola Juventini. Apalagi ketika I Bianconeri terdegradasi ke Serie-B pada musim 2006-07 akibat kasus Calciopoli, dia memutuskan terus bertahan. Buffon akhirnya berperan besar mengangkat timnya promosi ke Serie-A pada akhir musim 2006-07.

Sekarang Buffon tetap mempertahankan standarnya sebagai kiper papan atas dunia. Dia membuat Juventus yang baru promosi bersaing memperebutkan zona Liga Champions di musim 2007-08. Sebuah hal yang sulit dilakukan tanpa bantuan berupa penyelamatan-penyelamatan istimewa dari Buffon.

Tidak ada komentar untuk "Profile BUFFON"