Sepuluh Fakta Menarik Mengenai Andrei Arshavin


Nama Andrei Arshavin kerap bermunculan di berbagai media dunia belakangan ini. Semua ini terjadi karena saga transfer yang melibatkannya.

Setelah beberapa waktu, kepastian di mana dia akan berlabuh akhirnya terjawab. Bukan Barcelona, Real Madrid, Chelsea, Manchester United, Juventus ataupun klub raksasa Eropa lainnya, melainkan sebuah klub asal London, Arsenal, yang menjadi pemiliknya secara resmi di musim ini.

Inilah sepuluh fakta menarik mengenai Andrei Arshavin:

10. Lahir di St Petersburg pada 21 Mei 27 tahun silam, Arshavin pun masuk di sebuah sekolah sepakbola lokal 'Smena' untuk menyalurkan bakatnya mengolah bola, sebelum akhirnya bergabung dengan Zenit di tahun 1999.

9. Setahun kemudian, dia sudah masuk ke tim utama Zenit dan memulai debutnya untuk tim senior di ajang Piala Intertoto kala melawan Bradford City. Laga tersebut berkesudahan 3-0 untuk Zenit.

8. Arshavin merupakan pemain dengan kemampuan yang cukup komplet. Dia bisa dimainkan di posisi winger, gelandang serang ataupun striker. Bahkan karena kemampuannya itu, Arshavin sempat meraih penghargaan Pemain Terbaik Rusia di tahun 2006.

7. Puncak kejayaan Arshavin terjadi di tahun 2007, di mana ia berhasil membawa Zenit menjadi juara Liga Utama Rusia. Tahun berikutnya, Arshavin juga sukses membawa Zenit menjadi kampiun Piala UEFA dan Piala Super Eropa. Total, lima gelar disumbangkannya untuk Zenit.

6. Di timnas Rusia, Arshavin memulai debutnya pada tanggal 17 Mei 2002. Laga melawan Belarusia menjadi partai pertamanya. Sementara gol pertamanya dicetak pada 13 Februari 2003 kala Rusia menghadapi Rumania.

5. Euro 2008 menjadi turnamen besar pertama yang diikuti Arshavin. Dia bahkan sempat menjadi kapten di babak kualifikasi saat Rusia menghadapi Estonia. Karena penampilan apiknya, nama Arshavin dimasukkan dalam skuad UEFA untuk Euro 2008.

4. Pada tanggal 2 Februari 2009, yang merupakan deadline bursa transfer tahap kedua, Arshavin sudah berada di London untuk finalisasi transfer dengan Arsenal. Namun baru satu hari kemudian kesepakatan terjadi. Meski demikian Asosiasi Sepakbola Inggris, FA, mengkonfirmasi Arshavin sebagai pemain sah Arsenal di musim ini.

3. Arshavin akan mengenakan kostum bernomor punggung 23. Arshavin menjadi pemain pertama yang mengenakannya sejak terakhir dipakai Sol Campbell.

2. Arshavin merupakan sosok pesepakbola yang gila game Football Manager, dan tim yang sampai sekarang ini 'ditanganinya' adalah Barcelona.

1. Tidak seperti pemain seusianya, Arshavin sejauh ini masih berstatus single, namun bukan berarti tanpa pasangan. Dia memilih tetap berhubungan dengan pacar lamanya, Yulia, dan buah dari hubungan tanpa status mereka adalah dua anak, Artem dan Yana.


Tidak ada komentar untuk "Sepuluh Fakta Menarik Mengenai Andrei Arshavin"