TRANSFER PREMIER LEAGUE HABISKAN RP2,9 TRILIUN


TAK salah bila predikat klub-klub terkaya dipegang oleh klub Inggris. Dalam bursa transfer Januari ini, total dana yang dihabiskan oleh klub Premier League untuk membeli pemain baru menghabiskan dana hingga 160 pounds (sekitar Rp2,6 triliun).

Besarnya angka tersebut sekaligus memecahkan rekor besarnya uang yang dikeluarkan pada bursa transfer 2003 silam, ketika bursa transfer Januari mulai diperkenalkan. Kala itu, klub-klub Premier League “hanya” menghabiskan dana sekitar 35 juta pounds (sekitar Rp584,5 miliar).

Jumlah ini langsung meroket jauh pada bursa transfer Januari 2008 lalu. Meski jumlahnya masih kalah jauh dari musim ini, tapi tetap saja uang yang dikeluarkan sangat banyak, yaitu sebesar 146 juta pounds (sekitar Rp2,4 triliun).

Manchester City menjadi klub yang paling banyak mengeluarkan uang untuk membeli pemain baru. Klub yang dimiliki Sheikh Mansour ini menghabiskan dana sebesar 51 juta pounds. Di urutan kedua ditempati oleh Tottenham Hotspur dengan 44 juta pounds, angka itu sudah termasuk pembelian Robbie Keane dari Liverpool.

Sementara Arsenal menghabiskan dana sebesar 15 juta pounds untuk pembelian Andrei Arshavin. Yang cukup mengejutkan adalah jumlah uang yang dikeluarkan Chelsea. The Blues menjadi klub yang “paling” sedikit menghabiskan uang untuk membeli Gokhan Tore dari Bayer Leverkusen senilai 500 ribu pounds.

Tidak ada komentar untuk "TRANSFER PREMIER LEAGUE HABISKAN RP2,9 TRILIUN"