EL BARCA LUMAT LYON

BARCELONA tampil jemawa di Camp Nou. Pada pertemuan kedua babak 16 besar Liga Champions, Rabu (11/3), El Barca mengalahkan Olympique Lyonnais 5-2.

Berbeda dengan kala bertanding di kandang sendiri, Lyon bermain lebih defensif ketika melawat ke kandang Barcelona. Pola 4-5-1 dipilih Claude Puel untuk mengantisipasi permainan atraktif tuan rumah. Sebuah pilihan berisiko. Sebab, hal itu membuat Barcelona tampil lebih leluasa.

Pada menit ke-25, Thierry Henry membuka kemenangan El Barca. Dia berhasil menyelesaikan dengan baik umpan Rafael Marquez untuk mengelabui kiper Lyon, Hugo Lloris.


Hanya dalam tempo dua menit, Henry kembali memaksa Lloris untuk mengambil bola dari gawangnya. Xavi Hernandez, yang sebelumnya mendapat ganjaran 100 ribu euro dari UEFA lantaran dipilih pengguna situs UEFA sebagai bagian Tim Terbaik UEFA, memberikan umpan melebar kepada Henry yang tanpa penjagaan. Dengan mudah, striker timnas Perancis itu mencetak gol keempatnya di Liga Champions musim ini.

Keunggulan dua gol itu tampaknya masih belum membuat dahaga pemain Barcelona terpuaskan. Messi membawa El Barca unggul pada menit ke-40, memanfaatkan umpan Samuel Etoo. Tiga menit berselang, giliran Etoo yang dilayani Henry. Umpan silang Henry langsung dilesakkan Etoo untuk membawa Barcelona unggul 4-0.

Satu menit menjelang turun minum, Jean II Makoun sempat memperkecil keadaan. Sundulannya melanjutkan umpan silang Juninho Pernambucano membuat skor pada babak pertama dikunci pada kedudukan 4-1.

Lyon sempat menghentak perlawan tuan rumah ketika babak kedua baru dimulai tiga menit. Diawali oleh umpan silang Cesar Delgado, Juninho dengan mulus meneruskannya untuk menggetarkan jala gawang Victor Valdes.

Kendati demikian, semangat gol itu belumlah cukup untuk menahan laju Barcelona. Gempuran anak-anak asuhan itu tak kunjung mengendur hingga detik-detik akhir pertandingan. Hal yang membuat Juninho frustrasi sehingga diganjar kartu kuning kedua, satu menit memasuki masa injury time.

Memasuki menit kelima masa injury time, Seydou Keita memperparah derita Lyon dengan mencetak gol ke-5 Barcelona. Skor akhir 5-2 untuk El Barca. Sekaligus memantapkan Barcelona lolos dengan keunggulan agregat 6-3.

Tidak ada komentar untuk "EL BARCA LUMAT LYON"