Klub Eropa Paling Dominan


BANYAK orang menganggap Eredivisie, kompetisi terelite Belanda, sebagai liga paling membosankan karena terlalu didominasi Ajax Amsterdam, Feyenoord Rotterdam, dan PSV Eindhoven.

Akan tetapi, sebenarnya ada liga yang jauh lebih menjemukan. Itu adalah Scottish Premier League (SPL). Faktanya, di daftar klub paling sering juara liga, dua wakil SPL berada di tiga besar. Kedauanya adalag Glasgow Rangers dan Galsgow Celtic. Dalam 23 musim terakhir, gelar juara selalu jatuh ke dua klub ini.


GLASGOW RANGERS
Inilah klub yang berada di urutan teratas dalam koleksi juara liga. Klub yang bermarkas di Stadion Ibrox itu telah menjuarai Liga Skotlandia sebanyak 51 kali!

Bersama Dumbarton FC, Rangers tercatat sebagai juara kala Liga Skotlandia pertama kali digelar pada 1890-91. Sementara itu, gelar terakhir direngkuh pada 2004-05.

REAL MADRID
Koleksi 31 gelar juara Liga Spanyol memang terpaut jauh dari Rangers, tapi sebenarnya Madrid punya catatan tersendiri.

Los Blancos adalah wakil dari enam liga terelite Eropa yang punya koleksi gelar terbanyak. Mereka unggul dua gelar dari Ajax Amsterdam. Selain itu, perlu dicatat, Madrid adalah pengoleksi gelar terbanyak di Liga Champions. Mereka menjuarainya sebanyak sembilan kali.

Juara di Dua Negara
Dari jajaran klub Eropa paling dominan, Rapid Wien punya catatan tersendiri. Klub ini tercatat sebagai satu-satunya yang pernah menjadi juara di dua negara.

Dari total 33 gelar, satu di antaranya bukan juara Liga Austria, melainkan Liga Jerman. Itu terjadi pada 1941 dengan menagalahkan Schalke 4-3 di partai puncak.

Sekadar info, kala Austria dianeksasi Jerman pada 1938-45, sistem kompetisi sepak bola di Austria memang diubah.

Download gambar jomla

Tidak ada komentar untuk "Klub Eropa Paling Dominan"